Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Labels

Rabu, 26 Mei 2010

SEMUR JENGKOL


SEMUR JENGKOL

Hmmm...Mendengar kata jengkol, mungkin yang tak suka dengan rasa, terutama baunya pasti akan bergidik. Tapi bagi yang suka, jengkol, yang sebagian orang Sumatera menyebutnya 'Kancing Levi's' (karena bulat seperti kancing celana jeans) merupakan sajian masakan yang luar biasa enaknya.

Olahannya, kalau tak direndang ya disemur. Nah, di Betawi, masyarakat biasa menyantap semur jengkol dengan nasi uduk. Perpaduan yang akhirnya menjadi kekhasan masakan Betawi. Pernah membayangkan bagaimana makanan berbau itu bisa disajikan di hotel bertaraf internasional? Ibis Hotel melakukannya.

Dalam sebuah event bertajuk Promosi Masakan Khas Betawi, diantara sekian jenis masakan, salah satu andalannya adalah Nasi Uduk Mpok Minah Tebet yang dipadukan dengan Semur Jengkol Condet. Saat ini, mungkin tak mudah menemukan makanan turun temurun ini.

Executive Chef Hotel Ibis Slipi, Jajang Mulyana berbagi tips. Agar bau jengkol tak menyengat dan tak membuat orang kapok memakannya, ternyata ada rahasianya.

"Bermula dari proses awal merebusnya. Setiap orang punya cara sendiri untuk membuat baunya tak terlalu menyengat. Salah satunya, saat merebus bisa direbus bersama arang atau kapur sirih. Ini bisa mengurangi bau. Kemudian dikeprek (dipipihkan). Boleh dicoba deh, pasti nggak bau," papar Jajang.

Resep selengkapnya? "Ah, standar aja, kaya masak semur biasa. Yang penting manisnya terasa. Semurkan enaknya disitu," kata dia. Jajang menambahkan, agar semur jengkol terasa lebih maknyus, sebaiknya menggunakan jengkol muda. Akan tetapi, ternyata sekarang tak mudah menemukan bahan mentah jengkolnya itu sendiri. Kalaupun ada, biasanya kecil-kecil.

Mengapa jengkol dimakan dengan nasi uduk? "Sebenarnya itu sudah tradisi saja kali ya, orang dulu-dulu sering makan nasi uduk pakai semur jengkol, disamping lauk yang lain," katanya. Rasanya? Hmm...Yummy! Nasi uduk yang gurih berpadu dengan manisnya semur, ditambah dengan kekenyalan jengkol, memberikan cita rasa yang nikmat. Bagi yang kangen semur jengkol, silahkan coba...

Tidak ada komentar: